Tentang

Mengenal lebih dekat dengan maksud dan tujuan dari blog ini

Halo, terima kasih telah menyempatkan untuk mengunjungi halaman ini.

Perkenalkan, saya Fariz. Di internet saya menggunakan handler @faultable yang meskipun kata tersebut tidak ada di kamus resmi, namun ternyata ada juga yang menggunakan nama tersebut di internet selain saya. Dan saya satu-satunya yang mengurus dan menulis di blog ini.

Saya sangat senang menulis, untuk saat ini ada 2 blog tempat saya aktif menulis, yakni di faultable.dev yang mana situs pribadi saya dan tempat berbagi saya tentang hal-hal teknis terkait pekerjaan saya dan blog.evilfactory.id, yang mana hampir sama seperti faultable.dev namun lebih tidak random.

Sejujurnya blog ini hadir untuk memvalidasi ide saya apakah saya dapat hidup dari aktivitas bernama blogging—yang selengkapnya bisa dibaca di halaman now pribadi saya dan di tulisan ini—karena saya sangat senang dengan menulis dan berbagi.

Di blog ini saya membagikan cerita-cerita pribadi saya terkait kehidupan, pekerjaan, hubungan dan hal pribadi lain yang menurut saya layak dan dapat dibagikan. Karena hal pribadi tersebut, saya buat konten-konten yang ada di blog ini hanya dapat diakses oleh 'anggota' alias seseorang—yang membayar sekian rupiah per-periode—yang menyukai apa yang saya sukai (menulis) dan mendukung saya untuk terus melakukan hal itu.

Saya tidak terlalu berharap besar akan bagian 'dapat hidup dari blogging' karena di pekerjaan utama saya sebagai Software Engineer pun memiliki pendapatan yang cukup untuk memenuhi kehidupan saya. Untuk bagian 'dapat hidup dari blogging' diatas—untuk sekarang—anggap saja dalam memenuhi perilaku konsumtif saya seperti membeli kopi (dan teman-teman nya) yang mana turut berkontribusi juga dalam pembuatan konten-konten yang ada disini.

Mengapa berbayar?

Saya secara pribadi benci paywall, karena saya yakin setiap orang berhak mendapatkan informasi, tanpa kecuali. Dan pembayaran sering kali menjadi dinding pemisah untuk situs yang membagikan informasi khususnya situs-situs yang tidak menampilkan iklan.

Namun blog ini bukanlah situs informasi—khususnya informasi untuk setiap orang—seperti situs berita, tutorial dan sebagainya. Blog ini hanyalah berisi informasi (pribadi) yang kontennya dibuat hanya untuk yang ingin mengonsumsi (dan semoga menikmati!) nya saja, yakni para 'anggota'.

Untuk memberikan gambaran, saya buat tulisan pertama di blog ini dapat diakses oleh semua orang. Kurang lebih konten dan gaya seperti itu yang akan ada di blog ini.

Menjadikan konten-konten disini hanya dapat diakses oleh 'member' sekaligus membuat saya sedikit percaya diri dan sedikit tenang karena saya tahu kepada siapa saya bercerita dan berbagi, terlebih terkait hal pribadi.

Dan dana yang terkumpul akan digunakan untuk menutupi operasional blog ini khususnya biaya domain dan server yang tidak sedikit.

Skema biaya

Saya sebisa mungkin membuat biaya terlihat rasional dan senilai dengan apa yang akan kamu dapatkan disini. Per 31 Januari 2021, skema biaya yang ada antara lain:

  • 25rb/bulan alias senilai dengan 12 pcs Indomie goreng di warung!
  • 120rb/6 bulan alias senilai biaya perbulan namun mendapat potongan 1 bulan + 5rb (fwiw 5rb bisa buat beli 1 pcs Indomie goreng di warung)
  • 250rb/tahun alias senilai perbulan juga namun mendapat potongan 2 bulan!

Saya menyebutnya 'potongan' daripada 'hemat' karena pada dasarnya kamu bukan hemat 30rb untuk yang skema 6 bulan (1 semester) misalnya melainkan kamu sudah mengeluarkan 120rb, dan itu tetap saja pengeluaran, bukan penghematan.

Perlu digarisbawahi bahwa harga dapat berubah sewaktu-waktu namun akan diberikan pemberitahuan terlebih dahulu, terdapat halaman khusus terkait riwayat perubahan harga, dan harga baru hanya berlaku setelah masa berlangganan aktif habis.

Perlu dipertimbangkan juga bahwa saya tidak menyediakan refund, serta beberapa yang saya tawarkan dan janjikan adalah:

  • 99% uptime
  • >= 4 konten segar tiap bulan
  • Jalur pribadi (japri) untuk anggota namun khusus untuk membahas yang ada di blog ini. Bisa melalui WhatsApp; Signal, email, dan IRC (respon tercepat melalui Signal)
  • Hal-hal random tergantung mood (e.g: bagi-bagi stiker)

Untuk selengkapnya bisa akses halaman Hak sebagai pengunjung dan anggota.

Dan karena platform yang digunakan blog ini (Ghost) hanya/baru mendukung Stripe dan sayangnya Stripe belum (31/01/21) ber-operasi di Indonesia, jadi untuk melakukan pembayaran hanya dapat dilakukan secara manual melalui:

  • Jenius ($faultable), cocok untuk yang tidak menggunakan kartu Debit/Credit dalam ber-transaksi.
  • Paypal, cocok untuk yang menggunakan kartu Debit/Credit terlebih bila aktif menggunakan Paypal sebagai alat pembayaran.

Untuk metoda pembayaran lain (seperti Bitcoin*, ATM transfer (BCA) dan Gopay) tolong hubungi saya untuk mendapatkan alamat/nomor rekening saya.

Cara ber-transaksi

Ini membosankan, karena sebagai programmer hal-hal seperti ini seharusnya dapat dibuat otomatis. Namun karena beberapa keterbatasan yang ada, untuk saat ini proses untuk transaksi kurang lebih seperti ini:

  • Calon anggota melakukan pembayaran baik melalui Jenius/Paypal ke akun penulis
  • Khusus menggunakan Paypal, biasanya saya mendapatkan notifikasi melalui email bahwa ada transaksi masuk
  • Masih khusus untuk Paypal, email yang kamu gunakan di Paypal akan digunakan untuk proses masuk ke blog ini sebagai anggota dan tidak perlu lagi mengirim email sebagai konfirmasi transaksi
  • Jika melalui Jenius, tolong kirim tangkapan layar terkait berhasilnya pembayaran melalui email sebagai konfirmasi transaksi. Alamat email yang kamu gunakan untuk mengirim konfirmasi tersebut akan digunakan untuk proses masuk ke blog ini sebagai anggota

Untuk penjelasan selengkapnya, bisa mengunjungi halaman ini untuk menggunakan Jenius dan halaman ini untuk Paypal.

Pastikan pembayaran menggunakan akun/nama sendiri karena saya tidak menerima (dan menghindari) kemungkinan 'transaksi segitiga' yang hanya menguntungkan beberapa pihak.


*Perlu diketahui bahwa Bitcoin (31/01/21) bukanlah alat pembayaran yang sah di Indonesia dan tidak boleh dijadikan sebagai alat pembayaran (mungkin kecuali bila pakai VPN yang virtually sedang tidak berada di Indonesia?)